Pembukaan Pendaftaran Prodi Profesi Apoteker Angkatan 43 : Semester Gasal 2024/2025

 

Published on July 31st, 2024 at 16:45

Modified on August 10th, 2024 at 10:15

2nd Modification on August 15th, 2024 at 16:00

Assalamu’alaikum Wr.Wb. 

 

Silahkan mendownload Brosur Pendaftaran Profesi Apoteker Angkatan 43 disini.

Ada 2 Link yang harus diperhatikan untuk mendaftar Prodi Profesi Apoteker :

  1. https://ods.ums.ac.id/profesi/daftar/ :
    dihandle oleh ODS (One Day Service) – Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMS.
  2. https://ums.id/DaftarPSPA-NonAlumni & https://ums.id/DaftarPSPA-Alumni  :
    G-Form Profesi Apoteker Farmasi UMS.
    Pastikan setelah mengisi G-Form ini mendapatkan Bukti Daftar di email yang sudah dimasukkan di GForm. Bukti Daftar sebagai berikut :

Detail lebih lanjut untuk kedua link ini adalah sebagai berikut :

Link ODSLink PSPA Farmasi UMS
https://ods.ums.ac.id/profesi/daftar/1. Link untuk Non-Alumni : https://ums.id/DaftarPSPA-NonAlumni
2. Link Alumni : https://ums.id/DaftarPSPA-Alumni
Hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1. Link ini sudah bisa diakses mulai sekarang.

  2. Beberapa berkas yang perlu disiapkan untuk mendaftar : ijazah S1, Pas Foto background biru, Transkrip Nilai, CV, Akreditasi Perguruan Tinggi, Sertifikat TOEFL

  3. Sertifikat TPA nanti diisi dengan Ijazah Saja.

  4. Jika terjadi kendala dalam mengisi link ODS, bisa menghubungi pihak ODS di (0271) 717 417 ext.1308 atau via WhatssApp (WA) di 0812-2700-0102 pada pukul 08:00 - 14:00

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1. Link ini akan kami buka pada waktu tertentu (15-16 Agustus 2024 untuk Non Alumni) & (19-24 Agustus 2024 untuk Alumni S1 Farmasi UMS).

  2. Beberapa berkas yang perlu dipersiapkan : Bukti daftar dan bayar pendaftaran dari ODS, Ijazah & Transkrip S1, Sertifikat TOEFL, Surat Pernyataan taat akademik dan penempatan PKPA, Pas Foto background biru, Hasil test MMPI dan Screeshot/Capture BPJS Kesehatan.

  3. Jika terjadi kendala atau ada hal yang ingin ditanyakan terkait link ini, bisa menghubungi admin Profesi Apoteker di (0271) 717 417 ext. 2304 dan via WhatssApp (WA) di 0851-0209-8210 pada Pukul 08:00 – 14:00
Batas terakhir melengkapi 2 link ini adalah

16 Agustus 2024 Pukul 17:00 WIB (untuk Non Alumni )

24 Agustus 2024 Pukul 17:00 WIB (Untuk Alumni S1 Farmasi UMS)
Segala bentuk kelalaian :

  1. Tidak mengisi salah satu link.

  2. Syarat administrasi tidak sesuai ( Misal : Univ Asal S1 sudah memiliki Profesi Apoteker, IPK tidak sesuai, tidak melengkapi berkas sesuai persyaratan, dll)

  3. Mendaftar melebihi waktu yang ditentukan (melebihi batas akhir)


Pendaftar tidak berhak menuntut pengembalian uang pendaftaran.

A. Syarat Calon Mahasiswa :

  1. Telah menyelesaikan pendidikan program S1 Farmasi dari UMS maupun dari luar UMS.
  2. Bukan lulusan sarjana farmasi (S1 Farmasi) dari program alih jenjang.
  3. Berasal dari Program Studi S-1 Farmasi yang terakreditasi LAM-PT Kes dan belum memiliki Prodi Profesi Apoteker (PSPA)*.
  4. IPK minimal 3.25* dari skala 4.0.
  5. Durasi studi S1 maksimal 7 tahun.
  6. Usia ijasah S1 maksimal 3 tahun.
  7. Sehat jasmani dan rohani.
  8. Melampirkan hasil test Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) dari Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa dengan SIP yang berlaku dan berpraktek di Rumah Sakit (RS) yang menyelenggarakan test tersebut.
  9. Lulus ujian seleksi Program Profesi Apoteker Fakultas Farmasi UMS**
  10. Bersedia taat dan mengikuti peraturan dan penjadwalan akademik PSPA UMS, ditempatkan pada lokasi Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di kota sesuai pembagian dan mengikuti peraturan di tempat PKPA.

Keterangan:
*)  : persyaratan khusus pendaftar non-alumni UMS
**): Ujian seleksi dilaksanakan secara offline (luring) dengan Computer Based Test (CBT) bertempat di Fakultas Farmasi UMS. Pengumuman terkait teknis pelaksanaan ujian akan dimumkan di web https://farmasi.ums.ac.id/pspa-angkatan-43/

B. Syarat Pendaftaran :

  1. Mengisi formulir pendaftaran melalui https://ods.ums.ac.id/profesi/daftar/ , baru kemudian bisa membayar biaya Pendaftaran
  2. Mengisi formulir kesediaan mengikuti peraturan akademik PSPA UMS dan penempatan PKPA sesuai pengaturan PSPA UMS serta mengikuti aturan yang berlaku di tempat PKPA. Surat pernyataan bermaterai ditandatangani oleh calon mahasiswa dan orangtua/wali. Template formulir dapat diunduh disini.
  3. Mengumpulkan berkas berikut (dokumen scan asli, bukan fotocopy) melalui link https://ums.id/DaftarPSPA-NonAlumni ( untuk lulusan dari luar ) atau https://ums.id/DaftarPSPA-Alumni ( untuk lulusan S1 Farmasi UMS ) :
    a. Bukti Pendaftaran ODS dan Pembayaran Pendaftaran dalam 1 file PDF
    b.Scan asli Ijazah S-1 dan bukan BUKAN Surat Keterangan Lulus (SKL)*
    c.Untuk Alumni S1-Farmasi UMS yang akan mendaftar menggunakan SKL harus mempunyai Bukti mengumpulkan berkas wisuda sbb : ( Bagi yang tidak mempunyai bukti ini dan tetap melakukan pendaftaran, maka tidak diikutkan di Technical Meeting, dan TIDAK BISA mengajukan pengembalian biaya pendaftaran sebesar Rp.400.000.
    d.Scan asli Transkrip Akademik S1
    e.Scan asli Sertifikat TOEFL (tanggal sertifikat maksimal 3 (tiga) tahun sebelum tanggal pendaftaran PSPA Angkatan 43 ini)
    f.Bukti keikutsertaan BPJS Kesehatan (Scan kartu atau screenshoot dari aplikasi Mobile JKN).
    g.Formulir kesediaan penempatan PKPA yang telah diisi dan ditandatangani lengkap.
    h.Scan Asli hasil test MMPI dari Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa yang ber SIP dan berpraktek di Rumah Sakit. Tanggal sertifikat maksimal 3 (tiga) bulan sebelum tanggal pendaftaran PSPA Angkatan 43 ini. Pastikan Hasil Test MMPI mempunyai parameter sebagai berikut :
    i.Pas foto berwarna dengan pakaian sesuai ketentuan di point huruf "I" di bawah, dengan latar belakang warna biru.

Keterangan:

*): Persyaratan khusus pendaftar non-alumni UMS

C. Biaya Studi* :

NOJENIS BIAYAJUMLAHJADWAL PEMBAYARAN
NON-UMSALUMNI S-1 UMS
1.        PendaftaranRp. 400.000,-15 - 16 Agustus 202419 - 24 Agustus 2024
2.        SPP Per SemesterRp. 17.062.500,-Dibayarkan dalam 2 (dua) kali tiap semester
3.        Dana Pengembangan**Rp. 10.500.000,-4 - 6 September 2024--------
4.        Semester 1:
SPP Cicilan 1
SPP Cicilan 2


Rp.8.531.250,-
Rp.8.531.250,-

4 - 6 September 2024
28 - 29 November 2024

4 - 6 September 2024
28 - 29 November 2024
5.        Semester 2:
SPP Cicilan 3:
SPP Cicilan 4:

Rp.8.531.250,-
Rp.8.531.250,-

27-28 Februari 2025
29-30 Mei 2025

27-28 Februari 2025
29-30 Mei 2025
TOTAL BIAYARp. 44.625.000,-Rp. 34.125.000,-

*) Biaya termasuk Ujian Kompetensi dan Sertifikat Kompetensi. Belum termasuk biaya Sumpah Apoteker.  Jika terjadi perubahan, akan diinformasikan melalui web farmasi.ums.ac.id

**) Khusus untuk mahasiswa dari alumni non-UMS. Dana pengembangan dibayarkan bersama dengan cicilan Ke-1.

D. Tempat Pendaftaran dan Pembayaran :

Pembayaran pendaftaran, SPP Cicilan 1, dan Dana Pengembangan dibayarkan melalui virtual account yang di dapat di situs https://myakademik.ums.ac.id/
Tata cara pembayaran bisa dilihat disini.

E. Jadwal Pendaftaran *)

TAHAPANJADWAL*
NON-UMSALUMNI UMS
Pendaftaran secara online15-16 Agustus 202419-24 Agustus 2024
Technical meeting ujian (online) bersifat WAJIB22 Agustus 202426 Agustus 2024
Ujian Seleksi offline CBT26 Agustus 202427 Agustus 2024
Pengumuman Hasil Tes CBT28 Agustus 2024------------------------------------
Wawancara bagi yang lolos tes CBT30 Agustus 202430 Agustus 2024 **)
Pengumuman Hasil Seleksi3 September 20243 September 2024
Registrasi dan Pembayaran Cicilan 1 dan Dana pengembangan4-6 September 20244-6 September 2024
KRS9 September 20249 September 2024

*) jam pelaksanaan dan pengumuman hasil akan diinformasikan melalui web farmasi.ums.ac.id melalui portal Khusus ( PSPA Apt 43 ). Lihat pada ** Informasi Tambahan ** di bawah.

**) Calon mahasiswa yang WAJIB mengikuti proses wawancara akan dihubungi oleh Panitia Seleksi.

F. Materi Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

  1. Kemampuan Umum Sains Farmasi : Pemahaman bentuk sediaan, Resep, Formulasi sediaan, Farmakognosi, Analisis Farmasi, CPOB.
  2. Kemampuan Umum Farmakologi-Farmasi Klinis : Farmakologi-Toksikologi- Farmakokinetika, Farmakoterapi, Farmasi Klinis, Farmakoepidemiologi.
  3. Kemampuan Manajemen Farmasi : Manajemen Dasar, Farmakoekonomi.

G. Lokasi Ujian Seleksi Computer Based Test (CBT)

  • Fakultas Farmasi UMS : Laboratorium Komputer, Gedung Fakultas Farmasi Lantai 3
    Jl. A Yani, Tromol Pos 1, Pabelan, Sukoharjo.
    NB : Panitia tidak bertanggung jawab terhadap adanya kegagalan ujian akibat kelalaian peserta. Tidak ada ujian ulang, ujian susulan atau penambahan waktu. Tidak ada pengembalian biaya pendaftaran bagi peserta yang mengalami gagal ujian akibat hal/alasan yang berasal dari peserta.

H. Masa Kuliah

  • Kegiatan Akademik PSPA Angkatan 43 Semester Gasal 2024/2025 akan dimulai pada tanggal 9 September 2024.
  • Kegiatan akademik di PSPA UMS berlangsung secara luring (offline) secara penuh.

I. Wardrobe untuk pas foto :

  • Putri                    : berjilbab warna terang (bagi muslimah), jas/blazer hitam
  • Putra                   : jas hitam, berdasi
  • Berwarna           : dengan background warna biru

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

** INFORMASI TAMBAHAN **

  1. Untuk memudahkan koordinasi dan pemantauan selama proses pendaftaran, ujian hingga hasil diumumkan, kami membuat portal khusus untuk Penerimaan PSPA Angkatan 43 ini di :
  2. jika sampai menu “Lengkapi Data Pendidikan” ada yang perlu diperhatikan :
    • Isi Score TPA dengan angka 0 :
    • Isi lampiran Sertifikat TPA dengan Ijazah S1-Farmasi. File dalam bentuk pdf dan tidak lebih dari 2 MB :

     

  3. Jika terjadi kendala terkait pengisian di website https://ods.ums.ac.id, silahkan menghubungi ODS di (0271) 717 417 ext.1308 atau via WhatssApp (WA) di 0812-2700-0102 Selama proses pendaftaran melalui https://ods.ums.ac.id/profesi/daftar/
  4. Jika terkait pengisian G-Form https://ums.id/DaftarPSPA-NonAlumni dan https://ums.id/DaftarPSPA-Alumni atau ada informasi yang belum jelas dan ingin ditanyakan, bisa menghubungi (0271) 717 417 ext. 2304 dan via WhatssApp (WA) di 0851-0209-8210 pada Pukul 08:00 – 14:00. Demikian Informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat. See you on Technical Meeting.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh