sumpah-apoteker-31-farmasi-ums

Alhamdulillah telah dilaksanakan prosesi Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi UMS pada hari Sabtu, 21 September 2019 di Hotel Swiss-Bellin Surakarta. Acara ini dihadiri oleh Anggota Komite Farmasi Nasional (KFN) Drs. Bambang Triwara, Sp., FRS., Apt., Pimpinan Pusat Ikatan Apoteker Indonesia yang diwakili oleh dr. Endang Adriyani, MARS., Apt., serta dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Pengurus Daerah IAI Jawa Tengah, Pengurus Cabang IAI Sukoharjo, Pengurus Cabang IAI Surakarta, orang tua mahasiswa serta tamu undangan.

Sidang sumpah dimulai pada pukul 8.00 yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Farmasi Bp. Azis Saifudin, Ph.D., Apt. Yang kemudian dibacakan laporan hasil studi oleh Ketua Program Studi Profesi Apoteker Farmasi UMS Dra. Nurul Mutma’inah, M.Si., Apt. bahwa persyaratan kelulusan Apoteker adalah lulus akademik dan lulus Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI). Dan saat ini telah lulus 108 mahasiswa (22 laki-laki dan 86 perempuan) pada UKAI periode 27 Juli 2019 (dari 112 mahasiswa yang diikutsertakan). Berdasarkan SK Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta No: 119/II/2019 Fakultas Farmasi UMS telah meluluskan sebanyak 2964 Apoteker.

Pada periode Apoteker angkatan 31 ini, terdapat 16 orang lulusan dengan predikat cumlaude. Penghargaan diberikan kepada tiga mahasiswa peraih IPK terbaik yakni: Anggun Nurus Sholikhah (3,88), Nur Aini (3,86) dan Farah Nabilla (3,86). Farah Nabilla juga meraih nilai UKAI tertinggi dengan skor 87.5.

Lafal sumpah diucapkan peserta secara bersama-sama dipimpin oleh Anggota KFN dan Rohaniawan Bp. Drs. M. Najmudin Zuhdi, M.Ag.. Prosesi penandatanganan Lafal Sumpah dilakukan secara berurutan dan tertib dan ditandatangani secara langsung oleh Perwakilan KFN, Perwakilan Pimpinan Pusat IAI dan Dekan Fakultas Farmasi UMS. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Rektor UMS Prof. Sofyan Anif, M.Si., pada acara ini.

Pengucapan Lafal Sumpah yang merupakan akhir dari studi panjang mahasiswa farmasi yang menempuh studi profesi apoteker untuk menyandang jabatan sebagai apoteker di akhiri dengan ucapan selamat dari seluruh tamu undangan dan foto bersama. Semoga, generasi baru apoteker dari Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi ini menjadi generasi yang unggul, islami dan berkemajuan.